Jumat, 02 Desember 2011

GAMBARAN TENTANG NEW XENIA

 

Daihatsu Xenia 1.3 R M/T
Mesin1.298 cc 4 silinder VVT-i 
Tenaga maksimum92 dk/6.000 rpm
Torsi maksimum122 Nm/4.400 rpm 
0-100 km/jam11,9 detik (klaim)
Konsumsi bbmN/A 
Transmisi5-spd manual/rwd
P x L x T4.140 x 1.660 x 1.695 mm
Wheelbase2.665 mm
Ground clearance200 mm
Kapasitas tangki45 liter 
Ukuran ban185/70 R 14
Harga Rp 155,87 juta (estimasi)





Inilah All New Daihatsu Xenia 1.3 R bertransmisi manual 5-speed.  Merupakan varian tertinggi yang memiliki fitur terlengkap dalam line-up  All New Xenia. Model high  ini juga ditawarkan dengan transmisi otomatis 4-speed. 

Mesin yang digunakan masih sama: 4 silinder 16 valve  VVT-i 1.298 cc berkode K3-VE. Output  tenaga dan torsi puncaknya masih sama, yaitu 92 dk di 6.000 rpm, dan 122 Nm pada 4.400 rpm. 

Jadi respons mesin terasa tak berbeda dari pendahulunya. Cuma saja suara mesin yang masuk ke kabin terasa berkurang di All New Xenia. Tampaknya noise control, dash silencer,  dan roof silencer  yang dipasang bekerja dengan baik. 

Oh ya, injakan kopling terasa lebih ringan ketimbang model sebelumnya. Bakal sedikit mengurangi beban kaki kiri saat mengarungi jalanan yang macet. Pergeseran tuas persneling tidak mengalami perubahan. 

Pengembangan yang cukup besar di bagian ini justru pada aplikasi Electronic Power Steering  (EPS). Teknologi EPS tidak lagi memakai pompa hidraulik dan oli. Tapi memanfaatkan motor elektrik yang menempel di steering gear  atau steering column  untuk mengatur torsi putaran setir. 

Aplikasi EPS membuat putaran setir Xenia terbaru terasa lebih ringan saat digerakkan dibanding pendahulunya. Kondisi ini sangat menyenangkan saat melakukan manuver di dalam workshop  yang ruangnya terbatas. 

Sayangnya lantai workshop  rahasia ini sangat mulus dan bersih, jadi kami tak bisa merasakan ubahan pada suspensi All New Xenia. Daihatsu memberikan front stabilizer  di tipe ini, menurunkan spring rate,  dan fine tuning  pada geometri suspensi untuk memberikan peredaman serta stabilitas lebih baik. 

KABIN SEGAR DAN FLEKSIBEL

Feel  kabinnya berbeda, terasa lebih lapang dan fresh.  Ini adalah ‘hasil kerja’ beberapa elemen, seperti kombinasi warna dark grey  dan grey,  kaca samping sedikit lebih luas, dan jok fabric  berkelir beige. 

Konfigurasi instrumen sama, cuma warna background  di bagian angka dibuat menjadi merah. Di pojok kanan ada layar informasi digital yang menyampaikan data tripmeter, volume bahan bakar, temperatur, dan jam. 

Khusus tipe R dibekali head unit double  DIN dengan layar monitor 7 inci. Dari penampilannya, pengolah sinyal ini bisa memutar file  berformat MP3, CD, DVD dan bisa juga dimanfaatkan untuk menangkap siaran televisi. 

Daihatsu juga mengembangkan jok penumpang baris kedua dan ketiga. Baris kedua kini berjenis sliding seat  yang pengoperasiannya hanya dengan menarik satu tuas saja. Masing-masing jok di baris kedua ini bisa digerakkan maju-mundur sejauh 60 mm. 

Untuk jok baris ketiga sekarang model separate seat  dengan perbandingan 50:50. Masing-masing bisa dilipat hanya dengan menarik satu tuas. Jok tersebut juga sudah dibekali dengan head rest  dan sepasang safety belt. 

Oh ya, jarak antara punggung jok belakang dengan pintu bagasi kini bertambah 40 mm. Penambahan ini, menurut klaim Daihatsu, memperbesar volume bagasi. Kini bagasi Xenia baru mampu membawa 4 buah galon air mineral dari sebelumnya hanya 3 buah. 




K3-VE masih dipercaya menjadi jantung Xenia
Head unit double DIN dilengkapi layar monitor 7 inchiJok tengah bisa maju mundur sekitar 60 mmdengan menarik 1 Tuas saja
Jok tengah bisa maju-mundur sekitar 60 mm dengan menarik satu tuas saja  

FIRST OPINION
Daihatsu melakukan perubahan yang evolutif pada Xenia terbaru. Mereka mempertahankan aspek unggul yang dimiliki mobil tersebut sambil secara gradual meningkatkan sisi-sisi yang dikritisi konsumen selama 8 tahun terakhir. 
Penambahan fitur EPS, perbaikan kualitas suspensi, penyegaran pada interior dan peningkatan fleksibilitas kursi baris kedua dan ketiga merupakan sebagian upaya yang dilakukan. Bagaimana hasil dari pengembangan ini tentu saja masih perlu diuji lebih intensif, tak cukup dengan berputar-putar di workshop  rahasia saja. 

SEKILAS PANDANG
  • Ada 6 pilihan warna baru: Dark Steel Metallic, Midnight Black Metallic, Dark Grey, Light Blue Metallic, Dark Steel Metallic, dan Icy White 
  • Tersedia paket aksesori untuk Xenia 1.0 dan 1.3. Model dress-up  yang ditawarkan deluxe, family, sporty,  dan crossove

 We are a big family

Secara umum keluarga besar New Daihatsu Xenia dibagi berdasar jenis mesin. Pertama, yang memakai dapur pacu EJ-VE, 3 silinder 12 valve  984 cc. Kedua, yang mengandalkan mesin 4 silinder 16 valve  1.298 cc berkode K3-VE. 

VARIAN ALL NEW XENIA
  • Daihatsu Xenia 1.0 D M/T (Low) 
    Merupakan model termurah, menggunakan pelek besi 13 inci, dan belum dilengkapi AC double blower. 
  • Daihatsu Xenia 1.0 M M/T (High) 
    Mulai disematkan beberapa fitur kenyamanan: power door lock, wiper  belakang, spion elektrik, sliding seat  baris kedua.
  • Daihatsu Xenia 1.3 X M/T (low) 
    Model dengan mesin lebih besar ini dilengkapi pelek 14 inci, stabilizer  di poros depan, AC double blower.
  • Daihatsu Xenia 1.3 R M/T dan A/T (High) 
    Selain pilihan transmisi matik, varian ini diimbuhi aksesori agar terlihat mewah: gril krom, sun visor dengan cermin, dan lain-lain.
TRIM ALL NEW XENIA 
  • Standar 
    Merupakan paket standar yang diperoleh konsumen. Terdiri dari karpet, kaca film, side body moulding,  dan lain-lain. 
  • Deluxe 
    Paket yang lebih mewah, dengan penambahan: navigasi satelit, pelek alloy,  kaca film dengan kualitas lebih baik, dan lain-lain. 
  • Family 
    Bumper guard  di depan, dan rear spoiler  dengan lampu kristal menjadi ciri paket ini. 
  • Sporty
    Merupakan paket Family yang diberi tambahan: bumper guard  belakang, sensor parkir, dan roof rail.
  • Cross Over 
    Salah satu pembedanya adalah pelek alloy  15 inci, dan pernik-pernik penampilan khas crossover: over fender set, dan bumper guard.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar