Daihatsu Xenia 1.3 R M/T | |
Mesin | 1.298 cc 4 silinder VVT-i |
Tenaga maksimum | 92 dk/6.000 rpm |
Torsi maksimum | 122 Nm/4.400 rpm |
0-100 km/jam | 11,9 detik (klaim) |
Konsumsi bbm | N/A |
Transmisi | 5-spd manual/rwd |
P x L x T | 4.140 x 1.660 x 1.695 mm |
Wheelbase | 2.665 mm |
Ground clearance | 200 mm |
Kapasitas tangki | 45 liter |
Ukuran ban | 185/70 R 14 |
Harga Rp 155,87 juta (estimasi) |
Inilah All New Daihatsu Xenia 1.3 R bertransmisi manual 5-speed. Merupakan varian tertinggi yang memiliki fitur terlengkap dalam line-up All New Xenia. Model high ini juga ditawarkan dengan transmisi otomatis 4-speed.
Mesin yang digunakan masih sama: 4 silinder 16 valve VVT-i 1.298 cc berkode K3-VE. Output tenaga dan torsi puncaknya masih sama, yaitu 92 dk di 6.000 rpm, dan 122 Nm pada 4.400 rpm.
Jadi respons mesin terasa tak berbeda dari pendahulunya. Cuma saja suara mesin yang masuk ke kabin terasa berkurang di All New Xenia. Tampaknya noise control, dash silencer, dan roof silencer yang dipasang bekerja dengan baik.
Oh ya, injakan kopling terasa lebih ringan ketimbang model sebelumnya. Bakal sedikit mengurangi beban kaki kiri saat mengarungi jalanan yang macet. Pergeseran tuas persneling tidak mengalami perubahan.
Pengembangan yang cukup besar di bagian ini justru pada aplikasi Electronic Power Steering (EPS). Teknologi EPS tidak lagi memakai pompa hidraulik dan oli. Tapi memanfaatkan motor elektrik yang menempel di steering gear atau steering column untuk mengatur torsi putaran setir.
Aplikasi EPS membuat putaran setir Xenia terbaru terasa lebih ringan saat digerakkan dibanding pendahulunya. Kondisi ini sangat menyenangkan saat melakukan manuver di dalam workshop yang ruangnya terbatas.
Sayangnya lantai workshop rahasia ini sangat mulus dan bersih, jadi kami tak bisa merasakan ubahan pada suspensi All New Xenia. Daihatsu memberikan front stabilizer di tipe ini, menurunkan spring rate, dan fine tuning pada geometri suspensi untuk memberikan peredaman serta stabilitas lebih baik.
KABIN SEGAR DAN FLEKSIBEL
Feel kabinnya berbeda, terasa lebih lapang dan fresh. Ini adalah ‘hasil kerja’ beberapa elemen, seperti kombinasi warna dark grey dan grey, kaca samping sedikit lebih luas, dan jok fabric berkelir beige.
Konfigurasi instrumen sama, cuma warna background di bagian angka dibuat menjadi merah. Di pojok kanan ada layar informasi digital yang menyampaikan data tripmeter, volume bahan bakar, temperatur, dan jam.
Khusus tipe R dibekali head unit double DIN dengan layar monitor 7 inci. Dari penampilannya, pengolah sinyal ini bisa memutar file berformat MP3, CD, DVD dan bisa juga dimanfaatkan untuk menangkap siaran televisi.
Daihatsu juga mengembangkan jok penumpang baris kedua dan ketiga. Baris kedua kini berjenis sliding seat yang pengoperasiannya hanya dengan menarik satu tuas saja. Masing-masing jok di baris kedua ini bisa digerakkan maju-mundur sejauh 60 mm.
Untuk jok baris ketiga sekarang model separate seat dengan perbandingan 50:50. Masing-masing bisa dilipat hanya dengan menarik satu tuas. Jok tersebut juga sudah dibekali dengan head rest dan sepasang safety belt.
Oh ya, jarak antara punggung jok belakang dengan pintu bagasi kini bertambah 40 mm. Penambahan ini, menurut klaim Daihatsu, memperbesar volume bagasi. Kini bagasi Xenia baru mampu membawa 4 buah galon air mineral dari sebelumnya hanya 3 buah.
K3-VE masih dipercaya menjadi jantung Xenia | |
Head unit double DIN dilengkapi layar monitor 7 inchi | Jok tengah bisa maju mundur sekitar 60 mmdengan menarik 1 Tuas saja |
Jok tengah bisa maju-mundur sekitar 60 mm dengan menarik satu tuas saja |
FIRST OPINION Daihatsu melakukan perubahan yang evolutif pada Xenia terbaru. Mereka mempertahankan aspek unggul yang dimiliki mobil tersebut sambil secara gradual meningkatkan sisi-sisi yang dikritisi konsumen selama 8 tahun terakhir. Penambahan fitur EPS, perbaikan kualitas suspensi, penyegaran pada interior dan peningkatan fleksibilitas kursi baris kedua dan ketiga merupakan sebagian upaya yang dilakukan. Bagaimana hasil dari pengembangan ini tentu saja masih perlu diuji lebih intensif, tak cukup dengan berputar-putar di workshop rahasia saja. SEKILAS PANDANG
|
We are a big family Secara umum keluarga besar New Daihatsu Xenia dibagi berdasar jenis mesin. Pertama, yang memakai dapur pacu EJ-VE, 3 silinder 12 valve 984 cc. Kedua, yang mengandalkan mesin 4 silinder 16 valve 1.298 cc berkode K3-VE. VARIAN ALL NEW XENIA
TRIM ALL NEW XENIA
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar