Kamis, 17 November 2011

PESAING PULAU KOMODO





[JENEWA] Komodo di Indonesia masuk sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia yang baru. Menurut Yayasan New7Wonders di  Swiss, hasil akhir akan diumumkan awal 2012, jadi pengumuman ini bersifat sementara dan mungkin terdapat perubahan pada daftar pemenang akhir.   

Selain Komodo, menurut penyelenggara jajak pendapat global, hasil sementara tujuh keajaiban alam juga menyebutkan hutan hujan Amazon, Halong Bay di Vietnam, dan air terjun Iguazu di Argentina.  diberi nama baru di kalangan dunia tujuh keajaiban alam. Tiga nama keajaiban dunia lainnya yang juga dinobatkan adalah Pulau Jeju Korea Selatan,  Sungai Bawah Tanah Puerto Princesa di Filipina, dan Table Mountain di Afrika Selatan.   

Situs yang telah gagal masuk daftar tujuh keajaiban dunia adalah Gunung Kilimanjaro di Tanzania, Laut Mati, dan Grand Canyon. Warga Jeju Korea Selatan menyambut baik pengumuman tersebut. Menurut kantor berita Yonhap, sebanyak 2.000 orang bersorak-sorai "Kita berhasil". Gubernur Jeju Woo Geun-pun Min mengatakan nama Pulau Jeju dalam daftar tujuh keajaiban dunia akan membuka "lembaran baru" bagi industri pariwisata di pulau itu.   

"Ini akan sangat membantu menarik wisatawan ke Kota Jeju, meningkatkan investasi dan meningkatkan kesadaran tentang produk pertanian Jeju itu. Pulau ini terkenal karena jeruk kepruk-nya," katanya kepada wartawan..   

Jajak pendapat yang diselenggarakan oleh yayasan New7Wonders di Swiss telah menarik minat besar. Jajak pendapat ini juga melibatkan mobilisasi opini selebriti termasuk bintang sepak bola Argentina Lionel Messi yang meminta penggemar untuk memilih air terjun Iguazu.   

Nama-nama calon tujuh keajaiban dunia muncul setelah proses konsultasi yang panjang dari Desember 2007 sampai Juli 2009.  Waktu itu, warga dunia diminta untuk menempatkan nama situs yang dianggap merupakan keajaiban alam. Lebih dari satu juta suara yang diberikan yang menghasilkan daftar sepanjang 440 nama dari lebih 220 negara hingga akhirnya mengerucut menjadi 77 nama.   

Daftar ini kemudian dipotong lagi menjadi 28 finalis oleh diskusi panel ahli. Siapapun di dunia ini kemudian bisa memilih tujuh nama keajaiban dunia melalui telepon, pesan teks atau jaringan sosial internet. 

Yayasan yang didirikan pada 2001 oleh pembuat film Bernard Weber di Zurich, yayasan New7Wonders didasarkan pada prinsip yang sama tempat tujuh keajaiban kuno dunia didirikan.   

New7Wonders menyatakan tujuan jajak pendapat ini adalah untuk mengingatkan dunia dengan mengumpulkan partisipasi seluruh dunia. Tetapi sebelum jajak pendapat keajaiban alam datang ditutup, yayasan New7Wonders telah mempersiapkan sebuah survei baru yakni tujuh kota-kota dunia terkenal. Direncanakan, nama kota yang masuk akan diumumkan pada tanggal 1 Januari 2012. [AFP/U-5]    
SETELAH menunggu beberapa lama, akhirnya tiba juga tanggal pengumuman pemenang 7 Keajaiban Dunia yang diselenggarakan Yayasan New7Wonders yang jatuh pada hari ini, Jumat (11/11/2011).

Akankah Indonesia yang diwakili Pulau Komodo akan menang? Siapa sajakah lawan si kadal besar?

Okezone akan mengupas pesaing Pulau komodo, sebanyak 26 objek di berbagai negara:

1. Amazon, Amerika Serikat
Hutan hujan Amazon yang memiliki luas 1,7 juta hektare terletak menyebar di sembilan negara. Amazon merupakan hutan hujan tropis terebsar di bumi  dan mewakili lebih dari setengah jumlah hutan yang tersisa di planet ini. Hutan ini memiliki sungai dengan nama sama, yang juga merupakan sungai terbesar di dunia.

2. Air Terjun Angel, Venezuela
Air terjun Angel ini merupakan air terjun tertinggi di dunia, yaitu setinggi 1.002 meter, 19 kali lebih tinggi dari air terjun Niagara. Air terjun ini berlokasi di Taman Nasional Camaina di Bolivar, perbatasan Venezuela dengan Brasil.

3. Teluk Fundy, Kanada
Teluk Fundi unik karena memiliki air pasang tertinggi di dunia (16,2 meter). Seratus juta air laut mengalir keluar masuk teluk Fundy ini dua kali sehari, dan arus pasang yang uni ini membuat ekositem air Teluk Fundy menjadi beraneka ragam. Burung-burung dari penjuru dunia yang bermigrasi kerap singgah di teluk ini, selain itu teluk ini juga menjadi habitat alami Paus Sikat yang langka.

3. Hutan Hitam, Jerman
Hutan Hitam (Schwarzwald) adalah hutan gunung di Jerman Selatan. hutan ini dibatasi lembah Rhine di barat dan selatan. Puncak tertinggi di hutan ini adalah Gunung Feldberg dengan tinggi 1,493 meter.

4. Pulau Bu Tinah (Emirat Arab)
Di pantai barat Abu Dhabi, terdapat sebuah harta karun alam yang unik, masih alami dan belum tersentuh oleh manusia: Pulau Bu Tinah. Pulau ini memiliki ekosistem yang juga unik yang terbentuk karena adanya perubahan iklim. Pulau ini juga mempersembahkan kehidupan laut yang indah dan langka. Pulau Bu Tinah adalah tempat populasi dugong terbesar kedua sedunia.

5. Tebing Moher, Irlandia
Tebing Moher adalah satu dari banyak tempat yang menakjubkan di Irlandia. Tebing ini memiliki batu tertua di dunia yang dapat ditemukan di bagian bawah tebing, serta juga saluran sungai berumur 300 juta tahun yang memotong dasar tebing ini.

6. Laut Mati, Israel, Yordania, Palestina
Laut Mati adalah danau dengan kandungan garam tinggi yang terletak berbatasan dengan Palestina dan Israel di barat dan Yordania di Timur. dengan kedalaman 420 meter di bawah permukaan laut, tempat ini adalah titik terendah Bumi. kandungan garamnya yang tinggi membuat air Laut Mati 8,6 kali lebih asin dari air laut umumnya.

7. El Yunque, Puerto Riko
El Yuenque merupakan hutan ansional yang terletak di Pulau Puerto Riko. El Yunque merupakan satu-satunya hutan hujan tropis di Sistem Nasional Hutan Amerika Serikat.

8. Galapagos, Ekuador
Kepulauan Galapagos adalah Pulau Vulkanik yang tersebar di sekitar khatulistiwa, 965 kilometer sebelah barat Ekuador di Samudra Pasifik. Kepulauan Galapagos terkenal karena memiliki banyak spesies endemik. (Dikutip dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar